Berita Terkini Bimtek K-13 Mapel Umum Kemenag.


Sudiang, (Mantap.Makassar.com) – Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurikulum 2013 bagi guru Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah untuk mata pelajaran umum Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dibuka pelaksanaannya pada hari Minggu, (20/3/2016) oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. H. Abd. Wahid Thahir, M.Ag., akhirnya ditutup pada hari Rabu, (23/3/2016) di Aula 2 UPT. Asrama Haji Embarkasi Makassar.



Bimtek Kurikulum 2013 Mapel Umum Tingkat Provinsi Angkatan I, II dan II Madrasah Se Sulawesi Selatan yang diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan melalui program pendidikan Islam yang berlangsung selama 4 (empat) hari tersebut, berlangsung sukses yang ditutup oleh Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Kanwil Kemenag, Provinsi Sulawesi Selatan, DR. H. Wahyuddin Hakim, M.Hum.

Bimtek K-13 tahun ini kembali dilanjutkan programnya di Kementerian Agama, termasuk di Sulsel, akan tetapi prioritas tahun ini adalah untuk Guru Mata Pelajaran (Mapel) Umum di Madrasah, hal tersebut berdasarkan Penilaian Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag RI yang menyatakan bahwa Untuk Bimtek K-13 Mata Pelajaran Agama dianggap sudah Tuntas, selain itu, juga untuk mempersiapkan para guru-guru madrasah memasuki era Ujian Nasional menggunakan K-13 di tahun 2018 nanti.

Demikian disampaikan oleh DR. H. Wahyuddin Hakim, M. Hum., Kepala Seksi Kurikulum dan evaluasi di Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Prov. Sulawesi Selatan saat melaporkan kegiatan di hadapan Ka. Kanwil Kemenag Sulsel Drs. H. Abd. Wahid Thahir, M.Ag dan Kepala Bidang Penmad H. Ali Yafid di acara Pembukaan Bimtek Kurikulum 2013 tingkat Prov. Sulsel untuk 3 (tiga) angkatan di Asrama Haji Sudiang Makassar (20/3/2016).

Lebih lanjut disampaikan beliau Bimtek ini dilaksanakan selain menindaklanjuti SK Dirjen Pendis nomor 1554 yang mengisyaratkan adanya integrasi keilmuan antara guru agama dan guru mata pelajaran umum di madrasah, hal ini juga untuk membentuk tenaga didik kita di madrasah memiliki kapasitas dan kapabilitas yang paripurna maksudnya selain ahli di mata pelajaran umum juga mampu mengisi muatan agama di setiap mata pelajaran umum di madrasah.

Peserta Bimtek yang berjumlah 120 orang Madrasah Se Sulawesi Selatan ini,  termasuk hadir Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Makassar, pada penutupan Bimtek berhasil sukses bahkan pada arahan DR. H. Wahyuddin Hakim, M.Hum., sebelum penutupan menyampaikan bahwa dari kesekian banyak Bimtek yang dilaksanakan sebelumnya, angkatan Bimtek kali inilah yang terlaksana sukses paling antusias dikuti oleh semua peserta, demikian “tutur beliau” sehingga secara spontan pesertapun memberikan tepuk tangan yang meriah.

Sejak hari pertama Bimtek dilaksanakan, berlangsung dengan aman dan lancar serta antusias diikuti peserta hal terjadi karena disamping ditunjang oleh kondisi sarana prasarana tempat Bimtek yang bagus dan nyaman juga karena materi yang disajikan sangat menarik dan menjadi kebutuhan guru saat ini, apalagi tidak lama lagi para guru guru madrasah akan mempersiapkan diri memasuki era Ujian Nasional (UN) yang mengggunakan K-13 di tahun 2018. Adapun intisari Bimtek yang dilaksanakan pada kesempatan ini adalah:

1. Kebijakan Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan terhadap pemberlakuan Kurikulum 2013.
2.     Perubahan Mindset dan Rasionalisasi Kurikulum 2013
3.     Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL), KI dan KD.
4.     Simulasi Pembelajaran Berbasis Sainstifik
5.     Simulasi Penilaian Autentik
6.     Analisis Buku dan Buku Siswa
7.     Menyusun Dokumen I Kurikulum Madrasah
8.     Simulasi Penerapan Model – Model Pembelajaran
9.Penyusunan RPP dan Penilaian Hasil Belajar  Sesuai Permendikbud. Nomor 53  Tahun 2015.
10.  Membuat Media Pembelajaran
11.  Peer Teaching.

Selanjutnya materi-materi Bimtek tersebut di atas, berhasil dibawakan pemateri profesional dibidangnya masing-masing yang berasal dari pemateri handal dari Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Balai Diklat Keagamaan Makassar diantaranya dibawakan oleh Ibu Sitti Rabiah, S.Pd, M.Pd., Drs. H. Wanhar, M.Pd., akademisi praktisi Dosen profesional Bapak DR. H. Jumadi, M. Hum., dari Universitas Negeri Makassar (UNM) dan lainnya.

Oleh: Nurdin, S.Pd, M.Si.
(Guru MAN 1 Makasar Peserta Bimtek K-13). 
 



 
















0 Response to "Berita Terkini Bimtek K-13 Mapel Umum Kemenag."

Post a Comment