SEHARI BELAJAR DI LUAR SEKOLAH MEWUJUDKAN SISWA MAN 1 MAKASSAR BERKARAKTER







Maros, (Mantap-Makassar.com). Tepatnya pada hari Jum'at tanggal 17 Maret 2017 Siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Makassar melaksanakan Praktikum Lapangan Bersama (PLB) bertempat di Badan Meteorologi dan Geo-Fisika (BMG) Maros dan Kawasan Hutan Lindung, Batu gamping (Karst) Bantimurung Kab. Maros Provinsi Sulawesi Selatan yang didampingi oleh Guru Geografi MAN 1 Makassar.

Tujuan pertama praktikum ini dilaksanakan agar siswa memperoleh  tambahan pengetahuan tentang materi lingkungan hidup alamiah dan sosial (Geografi meliputi; pedosfer, atmosfer, litosfer, hidrosfer; sejarah, ekonomi, sosiologi dan budaya) dan Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi, Fisika dan Kimia) yang perlu digali serta dimanfaatkan  untuk mendorong dirinya berfikir sehat dan kritis terhadap keadaan disekelilingnya.

Tujuan kedua adalah siswa dapat menggugah hati dan menghargai kondisi lingkungan (Geografi meliputi; pedosfer, atmosfer, litosfer, hidrosfer; sejarah, ekonomi, sosiologi dan budaya) dan Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi, Fisika dan Kimia) yang saling tergantung satu sama lain antar satu daerah dengan daerah lainnya.

Tujuan ketiga adalah sebagai refleksi atas apa yang dimiliki siswa terhadap pengalamannya sehingga membentuk sikap siswa dan pribadinya terhadap lingkungan hidup dan Sosial (Geografi meliputi; pedosfer, atmosfer, litosfer, hidrosfer; sejarah, ekonomi, sosiologi dan budaya) dan Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi, Fisika dan Kimia) serta ilmu lainnya menuju siswa yang memiliki karakter khusus dan sikap tertentu yang membedakannya dengan yang lain. 
 Selain tujuan terdapat pula manfaat dilaksanakannya penelitian geografi yakni: Pertama; Mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran dan strategi pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Geografi meliputi; pedosfer, atmosfer, litosfer, hidrosfer; sejarah, ekonomi, sosiologi dan budaya) dan Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi, Fisika dan Kimia) di MAN 1 Makassar.




Kedua; Mendapatkan informasi secara langsung dilapangan tentang aspek-aspek tersebut di atas  sehingga guru dan siswa memiliki bahan ilmiah tambahan untuk Laporan sekaligus sebagai latihan, mencocokkan, membandingkan dan mengkaji keberadaan secara teori dan kenyataan di lapangan.
 
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya Peningkatan mutu  Sumber Daya Manusia (SDM), karena berbagai cara baik, harus dilaksanakan dan diperlukan untuk mengejar ketertinggalan di berbagai aspek kehidupan. Penyesuaian dengan perubahan global dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah hasil pengejawantahan dari salah satu tuntutan reformasi di bidang pendidikan sejak beberapa tahun yang silam untuk terus diwujudkan.

Ilmu Sosial  dan ilmu alam dan ilmu keagamaan adalah mata pelajaran di MAN 1 Makassar  yang dapat menuntun peserta siswa ke arah terbentuknya karakter yang diharapkan untuk mengenal ayat Allah SWT, yang tidak tertulis (alam). Hakekat praktik yang dilaksanakan adalah mempelajari gejala-gejala dipermukaan bumi ini melalui pendekatan pelajaran bidang studi tertentu secara keseluruhan dengan memperhatikan tiap-tiap gejala secara teliti dalam hubungan interaksi, interelasi dan integrasi keruangan. Oleh Prof. Dr. Nursit Sumaatmadja mengatakan bahwa dalam pelajaran alam dan sosial seperti ilmu geografi dan ilmu pengetahuan sosial dan alam yang terkait adalah kajian keruangan, gejala, dan masalah kehidupan manusia pada suatu wilayah tertentu.

Jadi praktik yang dilaksanakan tidak lain adalah pengungkapan aspek-aspek alamiah (alam) dan aspek insaniah (manusia) serta media/alat yang didasarkan pada prinsip tertentu;  berupa penyebaran, relasi dan korologinya. Disamping itu akan mengetahui dan mengungkap karakteristik suatu wilayah sebagai sumber daya yang dapat memenuhi kehidupan di muka bumi sekaligus pengenalan bumi secara mendalam kepada siswa dan siswi sebagai generasi bangsa secara langsung disamping itu sebagai wadah pengenalaan lebih dekat tentang bagian-bagian alam semesta ini sebagai sebuah karya yang Maha Agung ciptaan Allah SWT.

Sebagai landasan utama dilaksanakannya praktik lapangan tahun 2017 ini adalah pendalaman ilmu geografi, ilmu Sejarah, ilmu Sosiologi, Ilmu Fisika, dan ilmu-ilmu terkait lainnya yang ada di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Makassar. Pendalaman ilmu tersebut, dilakukan dengan menggunakan berbagai macam pendekatan, sebagai salah satu strategi guru dalam menggunakan media pembelajaran yang dilakukan secara optimal; bukan hanya di dalam kelas, tapi juga di luar kelas (laboratorium alam) dapat menjadi penunjang siswa untuk mengetahui secara langsung objek/materi yang dimaksud berdasarkan Kurikulum K13 versi terbaru atau sesuai jenjang pendidikan MAN 1 Makassar menuju madrasah yang berkarakter.

Dipilihnya wilayah penelitian yakni; Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMG) di Pusat Kota Maros dan Wilayah Taman Wisata Bantimurung Kab. Maros sebagai tempat tujuan praktikum, karena tempat ini dapat dijangkau dengan mudah dan murah serta dianggap cukup mewakili sebagai wadah laboratorium alam untuk mengetahui objek bidang studi yang dimaksud pada Kelas XI MAN 1 Makassar.

Adapun materi pokok ILMU GEOGRAFI yang dipandang penting untuk diketahui lewat praktik lapangan meliputi; Lokasi pertama; Objek Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika di Kab. Maros merupakan tempat strategis dan lebih menarik untuk diketahui bagi seluruh siswa karena ditempat ini, dapat melihat secara langsung alat pencatat meteorologi klimatologi geo-fisika, pada tempat terdekat dengan madrasah hanya ada di di Maros dengan fungsi meteorologi-geofisika yang masing-masing berbeda. alat di BMG dapat merekam dan mencatat data secara manual dan otomatis yang terjadi di Kab. Maros dan sekitarnya serta kemungkinan prediksi dampak yang timbul bila fenomena alam ini terjadi dikemudian hari. 


Objek Wisata Mantimurung dan sekitarnya sebagai bagian media dan pengembangan Ilmu Geografi dan ilmu lain. di tempat ini geografi bahkan ilmu sosiologi dan ilmu lain yang terkait dapat dikembangkan disini dengan penuh muatan ilmiah. disamping sebagai objek wisata sejarah yang menarik, tempat ini juga memiliki berbagai khasanah keilmuan dibidang Hidrologi (Lingkungan Perairan darat, lingkungan hidup, penataan ruang alamiahgeo-sejarah, sosiogeografi, geografi tumbuh-tumbuhan maupun hewan yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia masa lalu, masa kini dan dimasa yang akan datang. 

Objek-objek penelitian tersebut diatas, jika diteliti lebih mendalam, dapat memenuhi terungkapnya sebagian besar disiplin ilmu yang bergabung pada disiplin  Ilmu Pengetahuan Sosial (Geografi, sejarah, sosiologi, budaya) dan Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi, Fisika dan Kimia). dan ilmu keagamaan sehingga  dengan adanya kegiatan ini diharapkan memberikan masukan dan konstribusi positif bagi kemajuan ilmu pengetahuan terutama demi kemajuan MAN 1 Makassar, dan semoga menjadi kemajuan bagi siswa dan guru sebagai koleksi bahan pengajaran yang tentunya dapat membawa manfaat dimasa yang akan datang. InsyaAllah.

Terakhir kami sampaikan, semoga pada kesempatan praktik yang kita laksanakan pada tahun 2017 ini, dapat menjadi sumbangan terbesar bagi kemajuan ilmu pengetahuan (IPTEK), Iman dan Taqwa (IMTAQ) pada diri siswa di MAN 1 Makassar pada masa yang datang dan sebagai salah satu objek pengajaran yang baik di MAN 1 Makassar, karena disamping membentuk karakter pribadi siswa juga  dapat melihat secara langsung fenomena sosial dan alam, sehingga siswa dapat meraih perasaannya, mentalitasnya, kualitasnya yang dapat menolong dirinya untuk menjadi siswa yang maju dan berkarakter menuju puncak kesuksesannya pada masa yang akan datang. Sehingga terakhir dengan pelaksanaan kegiatan ini "sehari Belajar di luar sekolah mewujudkan Siswa MAN 1 makassar Berkarakter. Kita ingin semua siswa berkarakter ya. mau khan, olehnya Ayo Mari Kita sesekali membawa  siswa kita ke luar lingkungan sekolah atau madrasah.
Adapun foto-foto kegiatan siswa pada saat melaksanakan praktik lapangan geografi pada hari Jum'at tanggal 17 Maret 2017 diantaranya sebagai berikut:



















0 Response to "SEHARI BELAJAR DI LUAR SEKOLAH MEWUJUDKAN SISWA MAN 1 MAKASSAR BERKARAKTER"

Post a Comment