TEROBOSAN BARU PILWAKAMAD. 2019 PERTAMA DI MAN 1 MAKASSAR, SKALA NASIONAL APAKAH MUNGKIN ADA...


Makassar, (Humas MAN 1 Makassar) - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Makassar yang dinahkodai oleh Luqman MD., S.Ag., S.E., M.M., Kepala MAN 1 Makassar, membuat terobosan baru dengan melaksanakan PILWAKAMAD di MAN 1 Makassar, yang berlangsung di ruang guru MAN 1 Makassar, Jl. Talasalapang No. 46 Makassar, Prov. Sulawesi Selatan, Jum'at (4/1/2019).

Pelaksanaan PILWAKAMAD 2019 tercatat dalam perjalanan sejarah pertama dilaksanakan di madrasah ini MAN 1 Makassar, bahkan boleh jadi skala nasional jarang bahkan tidak pernah kedengaran budaya demokrasi dalam pemilihan wakil kepala madrasah dilaksanakan melalui komisi pelaksana yang dibentuk sebelumnya secara independen di tingkat MAN-MAS di Indonesia.

Wadah indenpenden dimaksud adalah diberi nama Komisi Pemilihan Wakamad. (KPW) MAN 1 Makassar Tahun 2019, yang memiliki tugas, fungsi dan amanah mengatur dan mengurusi segala hal ikhwal yang berkaitan prosesi Pemilihan Wakil Kepala Madrasah (PILWAKAMAD). yang berlangsung mulai awal hingga berakhir kegiatan pemilihan.

Pelaksanaan PILWAKAMAD MAN 1 Makassar diikuti dan dihadiri oleh semua stakeholders madrasah, mulai dari Kepala MAN 1 Makassar Bapak Luqman MD, S.Ag., S.E., M.M., Para Wakil Kepala Madrasah demisioner yakni; Wakamad. Kurikulum, Wakamad. Kesiswaan, Wakamad. Humas & Keagamaan, dan Wakamad. Sarana prasarana, serta dihadiri oleh semua dewan guru, para staf/pegawai/karyawan MAN 1 Makassar yang berjumlah keseluruhan sekaligus pemilih sekitar 98 orang.

Selanjutnya stakeholder MAN 1 Makassar tersebut, semuanya ikut memilih dan mencoblos berdasarkan cara, teknis dan mekanisme tertentu, kecuali Kepala Madrasah Bapak Luqman MD, S.Ag., S.E., M.M., dan Kepala Tata Usaha MAN 1 Makassar Ibu Fatma, Abbas, S.Ag., M.M., (independent) keduanya tidak ikut memilih atau tanpa hak suara.

Lebih lanjut menariknya lagi, sebelumnya tidak ada satupun yang mengetahui calon pemilih/stakeholder MAN 1 Makassar bahwa akan dilaksanakan Kegiatan pemilihan atau lelang seperti ini, cuma beliau sejak pertama sebagai Kamad di madrasah ini, sekitar delapan bulan silam lamanya yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala MTsN 2 Makassar yang terlebih dahulu menerapkan sistem ini atau sejak tahun 2013 lalu, namun sejak di MAN 1 Makassar tak hentinya mengingatkan agar semua keluarga besar ASN MAN 1 Makassar dapat bekerja sebaik-baiknya, sebab ada saat masing-masing kinerja dievaluasi semoga semua mendapatkan yang terbaik. (ujar beliau Luqman MD").

Sehubungan di atas, secara pribadi sedikit kegiatan yang sempat dilakukan bagi Bakal Calon (Balon) Wakamad mempersiapkan diri selain berusaha yang terbaik, semuapun berpeluang menjadi balon, semuanya berjalan bersih dan bergerak apa adanya, dan alhasil semuanya pun dapat menerima hasil PILWAKAMAD tersebut, secara ikhlas karena murni pilihan sendiri yang bersumber dari hati nurani masing-masing.

Kegiatan PILWAKAMAD. MAN 1 Makassar tahun 2019 adalah penerapan, penancapan pertama budaya baru, sejarah baru di MAN 1 Makassar, tentang pelaksanaan murni budaya demokrasi pemilihan wakil kepala madrasah,.

PILWAKAMAD. MAN 1 Makassar tahun 2019 adalah suatu proses kegiatan memilih wakil kepala madrasah dalam rangka membantu kepala madrasah mempercepat terlaksananya program madrasah, sehingga terwujud akselerasi dan mendorong kemajuan madrasah semakin hebat, dan bermartabat, yang berlangsung secara sangat demokratis dengan hasilpun tidak dapat tertolak karena menjalankan sebuah amanah dan tanggungjawab.

Adapun hasil akhir pesta demokrasi pemilihan Wakil Kepala Madrasah Melalui KPW tahun 2019 MAN 1 Makassar, melalui sistem demokrasi tersebut adalah: Urutan Suara terbanyak 1 diraih oleh Haris, S.S., sebagai Wakamad. Kurikulum, urutan suara terbanyak 2 diraih oleh Agussalim, S.Pd., sebagai Wakamad. Kesiswaan, urutan suara terbanyak 3 diraih oleh Nurdin, S.Pd., M.Si., sebagai Wakamad. Hubungan Masyarakat (Humas & Keagamaan) dan urutan suara terbanyak 4 diraih oleh St. Musdalifah, S.Ag., M.Pd., akhirnya sebagai Wakamad. Sarana dan Prasarana MAN 1 Makassar, dst,.

Selanjutnya daftar urutan nama terpilih ini terakhir, diputuskan oleh Kepala Madrasah melalui rapat khusus secara musyawarah mufakat untuk mengisi 4 Wakil Kepala madrasah yang dipilih sesua hasil mekanisme, sekaligus hasil penentu akhir komposisi yang berhak menempati posisi Wakamad. secara sah dibuktikan dengan terbitnya SK baru yang mengugurkan SK sebelumnya.

Demikian Sekilas kegiatan PILWAKAMAD MAN 1 Makassar 2019, yang sangat demokratis ini, diharapkan selain hasil kegiatan ini menjadikan madrasah hebat dan bermartabat, madrasah lebih baik dan membuat lebih baik madrasah di masa yang akan datang.


Selanjutnya juga diharapkan kegiatan yang penuh transparansi dan ankuntabel ini, menjadi pelajaran berharga semua kalangan di dunia pendidikan madrasah sehingga ke depannya madrasah semakin lebih maju dan terus berkembang pada semua aspek kehidupannya, dan semoga hal yang baik ini, terus tumbuh dan menjadi iklim budaya baik yang perlu diterapkan dan dikembangkan pada semua tingkatan madrasah di seluruh tanah air Indonesia tercinta. (Nrdn)




0 Response to "TEROBOSAN BARU PILWAKAMAD. 2019 PERTAMA DI MAN 1 MAKASSAR, SKALA NASIONAL APAKAH MUNGKIN ADA..."

Post a Comment