Kantin Assa'adah MAN 1 Makassar Diresmikan, BPOM Tekankan 5 Hal Penting.



Makassar, (Humas MAN 1 Makassar) -  Pada saat ini tidak sedikit orang tua dalam memilih madrasah terbaik untuk anaknya, tidak cukup dengan hanya melihat fasilitas ruangan belajar dan guru semata. Kantin madrasah menjadi salah satu perhatian pula dibanyak orang tua peserta didik jaman now, terutama yang tidak sempat menyiapkan bekal makan buat anaknya selama berada belajar di madrasah.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Makassar selain telah memiliki fasilitas kantor, ruangan guru, ruangan kelas, perpustakaan, laboratorium, dan lainnya. Kini Madrasah ini bertambah fasilitasnya setelah diresmikannya kantin Assa'adah yang representatif dengan letak strategis dalam lokasi MAN 1 Makassar Jl. Talasalapang No. 46 Makassar, Rabu (07/08/2019).

Ketua KPN Assa'adah Nurdin, S.Pd., M.Si., pada saat memberikan laporan pada acara peresmian Kantin Assa'adah MAN 1 Makassar

Peresmian Kantin Assa'adah MAN 1 Makassar dihadiri oleh Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Ibu DR. Desi Isnaeni, Apt., M. Adm. acara ini diawali dengan seremoni pengguntingan pita dan tanda resmi penggunaan oleh Kepala MAN 1 Makassar Bapak Luqman MD, S.Ag., S.E., M.M., hadir anggota KPN Assadah, para staf dan pegawai MAN 1 Makassar.

Setelah prosesi awal ini berlangsung, dilanjutkan dengan sambutan atau laporan dari Ketua Koperasi Pegawai (KPN) Assa'adah MAN 1 Makassar, merangkap sebagai panitia peresmian Kantin dan Wakil Kepala Madrasah (Wakamad.) Humas MAN 1 Makassar Nurdin, S.Pd., M.Si.

Kepala MAN 1 Makassar memberikan sambutan pada peresmian Kantin Assa'adah MAN 1 Makassar (Doc. Humas, 07/08/2019)

Sesudah Laporan Ketua Panitia peresmian Nurdin, dilanjutkan dengan sambutan kepala MAN 1 Makassar Bapak Luqman MD, kami bersyukur atas diresmikan dan digunakannya Kantin Assa'adah MAN 1 Makassar 'ujar beliau", mari kita memanfaatkan maksimal kantin ini, tidak hanya berorientasi finasial semata, namun diperlukan kandungan gizi makanan yang disajikan serta lainnya ikut menjadi perhatian pengguna kantin, "harapnya".

Kesempatan selanjutnya Ibu Hj Desi selaku yang mewakili BPOM Sulawesi Selatan di Kota Makassar hadir dengan menyampaikan apresiasinya atas kegiatan yang dilaksanakan MAN 1 Makassar bekerjasama dengan KPN Assa'adah MAN 1 Makassar, berupa peresmian kantin. ujarnya".

Lebih lanjut Hj. Desi menyampaikan bahwa MAN 1 Makassar telah bekerja maksimal bersama KPN Assa'adah MAN 1 Makassar untuk  memperhatikan kantin dan meresmikannya pada hari ini. .Melaui Badan BPOM sekolah dapat mengikutkan siswanya dengan kegiatan Duta Kantin, dan mengikuti prosedur meraih  piagam bintang keamanan pangan kantin sekolah.

Ibu DR. Hj. Desi Erniwati, M. Adm. dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sukawesi Selatan dalam arahan di depan peserta yang hadir pada peresmian Kantin Assa'adah MAN 1 Makassar (Doc. Humas, 07/08/2019)

Selain itu sekolah yang memiliki kantin dan tempat jajanan siswa lainnya, apalagi di Kantin MAN 1 Makassar pada intinya diminta memperhatikan minimal 5 kriteria kantin sekolah sehat yakni;
  1. Tidak menjual makanan yang mengandung cemaran mikroba. Makanan-makanan ini tidak sehat dikonsumsi karena bisa menyebabkan infeksi dan keracunan pada anak-anak maupun orang dewasa. 
  2. Tidak menyediakan makanan maupun minuman berwarna cerah mencolok. Makanan dan minuman seperti ini dikhawatirkan menggunakan bahan pewarna kimia yang berbahaya untuk kesehatan.
  3. Tidak menyediakan makanan yang keras atau gosong. Makanan seperti ini juga tidak tergolong makanan sehat karena berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal dan kanker.
  4. Melatih siswa untuk selalu mengecek label kemasan sebelum membeli. Perhatikan tanggal kadaluarsa makanan dan minuman. Bila expired, jangan dikonsumsi karena dapat mengakibatkan keracunan.
  5. Memiliki tempat cuci tangan dapat digantung dalam ruangan kantin. ujarnya". Idealnya, di depan setiap kelas atau di kantin itu sendiri harus ada wastafel. Kantin pun perlu menyediakan tempat cuci tangan agar siswa bisa membersihkan tangan dari kuman-kuman yang menempel, sebelum mengonsumsi makanan.
Selain kriteria di atas, masih ada ciri kantin sehat lain yang harus diperhatikan. Ujarnya". Ciri-ciri tersebut, meliputi sarana dan prasarana kantin, serta pola hidup sehat yang dijalankan pengelolanya yaitu sumber air bersih, tempat penyimpanan, tempat pengolahan, tempat penyajian dan ruang makan, fasilitas sanitasi, perlengkapan kerja dan tempat pembuangan sampah dan lainnya.

Dalam pembinaan dan sosialisasi yang sampaikan POM pada peresmian ini, cukup mendapat perhatian serius bagi pengguna kantin Assa'adah MAN 1 Makassar atau kepada yang hadir. Acara selesai dilanjutkan dengan dengan do'a dan makan bersama dengan kue-kue tradisional khas Bugis Makassar. (Nrd)










0 Response to "Kantin Assa'adah MAN 1 Makassar Diresmikan, BPOM Tekankan 5 Hal Penting."

Post a Comment