TIM AUDIT Balai Besar POM RI Kunjungi Kantin Assa'adah MAN 1 Kota Makassar


Makassar, (Humas MAN 1 Makassar) - Kantin Assa'adah Madrasah Aliyah Negeri (MAN)  1 Kota Makassar, mendapat kunjungan dari Tim Audit Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) RI di Makassar, Senin (14/10/2019).

Kunjungan ini,  tergolong datangnya tiba-tiba walaupun sebelum telah diingatkan terutama pada saat peresmian Kantin Assa'adah pada hari Rabu, tanggal 07 Agustus 2019 bahwa setelah Kantin ini beroperasi dan berjalan dengan baik, maka akan ada tim dari BBPOM yang memantau Kantin ini.

Siswa MAN 1 Makassar saat berbelanja di Kantin Assa'adah MAN 1 Kota Makassar
Kedatangan Tim Audit BBPOM bertujuan mengetahui dan melihat secara langsung kondisi kantin Assa'adah dan pengambilan sampel jenis-jenis jajanan dan makanan untuk siswa-siswi yang ada di Kantin Assa'adah selanjutnya akan diperiksa pada Kantor / Lab. BBPOM RI di Makassar.


Kedatangan Tim Audit di Kantin Assa'adah MAN 1 Kota Makassar berkaitan pula dengan program BBPOM RI tentang Kegiatan Duta Kantin, dan prosedur meraih  piagam bintang keamanan pangan kantin sekolah/madrasah.

Pelayanan Kantin Assa'adah MAN 1 Makassar

Tim Audit Kantin Assa'adah MAN 1 Kota Makassar kunjungi Kantin Assa'adah MAN 1 Kota Makassar yang beranggotakan tim 4 orang yang dipimpin oleh Ibu DR. Desi Isnaeni, Apt., M. Adm. pada kesempatan ini, terus mengingatkan pentingnya menjaga dengan baik semua jenis jajanan pangan untuk siswa di Kantin ini.

Kedatangan tim mendapat apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya dari pengurus Koperasi Assa'adah Nurdin, S.Pd., M.Si., bersama yang lain atas kedatangan tim audit di Kantin Assa'adah MAN 1 Makassar, pengurus koperasi di madrasah ini merasa memiliki wewenang, amanah, dan tanggungjawab yang besar tentang perlunya menjaga terutama penyediaan semua jajanan pangan sehat untuk siswa.

Tim Audit Kantin Assa'adah MAN 1 Kota Makassar (14/10/2019)
Sebagai pengurus koperasi yang mewadahi keberadaan kantin tidak hanya sekedar berorientasi finansial namun pemenuhan kantin sehat tetap menjadi perhatian utama, terutama dalam hal kantin sekolah sehat yakni; 1). Tidak menjual makanan yang mengandung cemaran mikroba. Makanan-makanan ini tidak sehat dikonsumsi karena bisa menyebabkan infeksi dan keracunan pada anak-anak maupun orang dewasa. 
 
2). Tidak menyediakan makanan maupun minuman berwarna cerah mencolok. Makanan dan minuman seperti ini dikhawatirkan menggunakan bahan pewarna kimia yang berbahaya untuk kesehatan. 3). Tidak menyediakan makanan yang keras atau gosong. Makanan seperti ini juga tidak tergolong makanan sehat karena berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal dan kanker. 

Siswa sedang berada di Kantin Assa'adah MAN 1 Makassar
4).  Melatih siswa untuk selalu mengecek label kemasan sebelum membeli. Perhatikan tanggal kadaluarsa makanan dan minuman. Bila expired, jangan dikonsumsi karena dapat mengakibatkan keracunan.

Sesuai pelaksanaan audit BBPOM RI Makassar di Kantin ini, selanjutnya dilaksanakan penyerahan pamplet/gambar yang berisi ajakan menjaga kesehatan dengan selalu mencuci tangan, selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun pada saat; sebelum makan, setelah dari toilet, setelah memegang alat tulis, setelah memegang binatang, dan setelah memegang benda kotor lainnya. (Nrd).





0 Response to "TIM AUDIT Balai Besar POM RI Kunjungi Kantin Assa'adah MAN 1 Kota Makassar"

Post a Comment