Pengembangan Teknologi Berbasis Drone di MAN 1 Kota Makassar

Makassar, (Humas MAN 1 Makassar) - Kegiatan Lanjutan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) MAN 1 Kota Makassar bersama Pihak Universitas Negeri Makassar (UNM) berlangsung seharian di Kampus MAN 1 Kota Makassar Jl. Talasalapang No. 46 Kota Makassar, Rabu, (21/04/2021).

Kegiatan PKM UNM sebelumnya pertama dilaksanakan tepatnya tanggal 23/08/2020 diikuti 30 orang siswa yang berasal dari perwakilan siswa kelas XII IIS 1 - 4, namun pada kesempatan ini dititipkan pada peningkatan dan pendalaman penggunaan drone itu sendiri, sebagai tambahan skill andalan siswa MAN 1 Kota Makassar selain pendalaman kajian pelajaran agama yang digeluti secara mendalam untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Pesawat drone pertama dioperasikan untuk pengambilan data di Lokasi MAN 1 Kota Makassat (21/04/2021)

Pada kesempatan ini Dr. Muhammad Yusuf, S.Pd., M.Pd., sebagai dosen tetap geografi Universitas Negeri Makassar (UNM) menyampaikan bahwa “Penggunaan drone pada kesempatan ini fokus pada pengambilan data di sekitar MAN 1 Kota Makassar untuk menghasilkan peta yang baik sebagai pelengkap keterampilan pengetahuan Iman dan Taqwa (IMTAQ) yang dimiliki siswa MAN 1 Kota Makassar. Jelasnya.

Perolehan data fisik tersebut, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan aplikasi tambahan dalam rangka menghasilkan peta yang menarik (skill) untuk penggunaan berbagai keperluan manusia disegala bidang. “demikian penjelasan Muhammad Yusuf yang juga sebagai alumni Geografi dari UGM Yogyakarta ini.

Data  lokasi MAN 1 Kota Makassar hasil peroleh dengan Drone (Doc. humas, 21/04/2021)

Dr. Luqman, MD., S.Ag., SE., MM., sebagai Kepala MAN 1 Kota Makassar menuturkan “mengapresiasi pelaksanaan kegiatan penggunaan drone dengan berbagai penggunaan aplikasi yang menyertainya, karena kegiatan PKM semacam ini termasuk masih jarang dilakukan dan diikuti bagi siswa-siswi, baik di sekolah umum maupun guru-guru geografi di madrasah. 

Kegiatan PKM UNM sebagai kegiatan lanjutan sebelumnya sebagai Ketua Tim Dr. Maddatuang, M.Si., adalah dosen ahli dari Jurusan geografi UNM bersama Dr. Muhammad Yusuf, S.Pd., M.Pd., juga dari Dosen tetap Geografi dari universitas yang dulunya bernama IKIP ini.

Pesawat Drone dengan remote control sesaat setelah digunakan untuk pengambilan data (Doc.humas)

Guru Geografi MAN 1 Kota Makassar Dr. Nurdin P., S.Pd., M.Si., sebagai alumni Geografi Tanah (Ilmu Pertanian) Unhas, berharap kerjasama kegiatan semacam ini perlu terus dilakukan mengingat masih terbatasnya sarana prasarana praktek untuk pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) seperti drone di madrasah-madrasah, sehingga atas kerjasama di madrasah tertua di Kota Makassar ini semua dapat berlangsung dengan lancar.

Pesawat Drone dalam kehidupan sehari-hari dapat berfungsi banyak, dan pengambilan berbagai data dalam bentuk gambar/foto, video, peta dan pemetaan di era sekarang, khususnya dalam penguasaan pelajaran geografi pada siswa madrasah, sangat terbantu dengan tersedianya teknologi pesawat drone tersebut, selain pemanfaatan data hasil penginderaan jauh dengan menggunakan satelit, atau penggunaan sarana/media pesawat lain (Nrd).
 


 

0 Response to "Pengembangan Teknologi Berbasis Drone di MAN 1 Kota Makassar"

Post a Comment