8 Alasan Kenapa Sebaiknya Kita Sering Merendam Diri di Air Laut

 

Makassar, (Humas MAN 1 Kota Makassar) - Bila ditelusuri dari berbagai sumber, maka ditemukan minimal 8 alasan kenapa sebaiknya kita sering merendam diri di air laut. Adapun alasannya dapat dilihat penjelasan berikut.

1. Komposisi Air Laut serupa dengan Plasma Darah 

Air laut mengandung 84 elemen penting yang sama dengan yang ditemukan di dalam plasma darah manusia. Meliputi vitamin, garam mineral, dan asam amino. Air laut juga kaya mikroorganisme yang menghasilkan antibiotik, antimikroba dan zat anti bakteri aktif.

2. Panjang umur ala nelayan teluk Okinawa

Menurut studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School, para nelayan di Teluk Okinawa Jepang adalah masyarakat yang panjang umur. Konon rata-rata orang Okinawa mampu mencapai usia 100 tahun. Sebagai masyarakat nelayan, kehidupan sehari-hari mereka sangat dekat dengan lingkungan laut. Selalu bersentuhan dan menghirup udara laut. Makanan merekapun sebagian besar juga berasal dari hasil laut.

3. Body grounding 

Laut adalah area paling netral dalam kaidah kelistrikan alam. Sehingga menjadi titik “body grounding” (earthing) terbaik bagi manusia. Air laut yang sangat kaya mineral adalah konduktor listrik yang sangat baik. Jauh lebih konduktif dibanding air tawar di pedalaman.

Membiarkan tubuh kita bersentuhan langsung dengan permukaan bumi adalah tips paling dasar agar tubuh bersinergi dengan bumi. Ada sebuah video menarik yang akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan body grounding:

4. Exfoliator alami

Spa di seluruh dunia menggunakan garam laut untuk keperluan terapi pijat dan perawatan kecantikan. Garam bertindak sebagai exfoliator alami membantu mengeluarkan racun dari kulit dan mendorong regenerasi sel-sel mati.

Air laut juga bermanfaat membantu mengurangi peradangan dan penyembuhan gangguan kulit seperti dermatitis dan eksim. Sifat antiseptik air laut dapat membantu penyembuhan lecet, luka, ruam, dan juga meningkatkan elastisitas kulit.

5. Mencukupi kebutuhan mineral penting

Air laut memiliki konsentrasi tinggi berbagai macam garam mineral. Saat berendam, kulit tubuh kita akan menjadi membran osmosis. Sehingga mineral penting yang kurang di dalam tubuh akan terisi dari air laut. Mineral-mineral penting yang dibutuhkan tubuh sering tak tercukupi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

6. Meredakan penyakit

Banyak fakta empiris yang membuktikan bahwa berendam di pantai mampu meredakan berbagai         macam gejala penyakit seperti; Pilek dan flu, Menyembuhkan bronkitis dan sinusitis, Menghirup natrium klorida, atau garam dari air laut, membantu melonggarkan lendir dan mengobati masalah paru, Yodium yang terkandung dalam air laut mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh, menjadi antiseptik alami  untuk melawan infeksi dan membunuh parasit, bakteri dan jamur.

7. Anti oksidan

Tak hanya air laut yang bermanfaat, bahkan udara, kelembaban, dan kabut laut merupakan antioksidan yang kuat. Mengandung banyak ion hidrogen bermuatan negatif. Menghirup udara laut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

8. Pantai adalah tempat relaksasi terbaik

Sinergi antara air laut dengan sinar matahari akan menstimulasi melunturkan berbagai gangguan emosional, seperti depresi, gelisah, cemas, apatis dan sebaginya. Mineral-mineral yang terkandung di air laut seperti magnesium, lithium dan bromin merupakan elemen yang bersifat menstabilkan dan membentuk keseimbangan di dalam otak. Sehingga menstimulasi ketenangan psikologis.

Tingginya kandungan magnesium dalam air laut cukup efisien membantu mengurangi stres, mengendurkan ketegangan otot, dan menginduksi ketenangan psikis. Bahkan beberapa mineral yang terkandung dalam air laut memiliki efek hipnotik alami, meningkatkan kualitas tidur dan membantu menyembuhkan insomnia.

Sumber: WA Grup, dan bahan ajar

0 Response to " 8 Alasan Kenapa Sebaiknya Kita Sering Merendam Diri di Air Laut"

Post a Comment