Ikuti Bimtek Kehumasan, Sehari Setelah Terpilih Wakamad Humas MAN 1 Kota Makassar

Makassar, (Humas_Makassar) - Ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan, sehari setelah pelaksanaan Pemilihan Wakil Kepala Madrasah (Wakamad.) MAN 1 Kota Makassar yang dilaksanakan Kantor Kementerian Agama Kota Makassar yang digelar di Aula Kantor Kemenag Kota Makassar Jalan Rappocini Raya, Selasa, 14 Juni 2022.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Kantor Kemenag Kota Makassar H. Muhammad Tonang menyampaikan tugas utama seorang humas adalah membangun citra positif lembaga, humas itu marketing atau sales promotionnya lembaga memperkenalkan Kemenag ke khalayak melalu media informasi.

“Kemenag Kota Makassar harus menjadi cerminan bagi Kab./Kota yang lain di Sulsel, sebab posisi kita berada di pusat Informasi, maka Kemenag Makassar sangat urgent perannya dalam memperkuat fungsi kehumasan yang dapat memberikan efek positif dalam menyebarluaskan informasi secara akurat dan terpercaya, dan ini merupakan tanggung jawab moral kita kepada Publik,” jelas Mantan Kakankemenag Kab. Maros ini.

Kepada peserta bimtek, Kepala Bidang Urais dan Pembinaan Syariah di Kanwil Kemenag Sulsel ini, berpesan agar memanfaatkan momentum ini untuk mempelajari teknik menulis berita sesuai kaidah jurnalistik yang berlaku agar nantinya dapat diimplementasikan ke depannya.

“Apalah artinya kita buat kegiatan dan prestasi yang banyak dan besar, kalau kemudian tidak terpublikasi ke publik,” terang Mantan Kasubag Humas Kanwil Kemenag Sulsel ini.

Sementara Kasubag TU Kemenag Kota Makassar H. Abd. Rafiq, menjelaskan, peserta yang hadir adalah calon kontributor berita yang berasal dari perwakilan Kantor Urusan Agama Kecamatan, Madrasah Negeri/Swasta dan utusan dari Seksi dan Bimas di Lingkup Kemenag Kota Makassar.

“Jumlah peserta yang hadir sekitar 40 an dengan tetap menegedepankan Protokol Kesehatan Covid 19 ,para Calon kontributor berita merupakan jurnalis plat merah yang bertugas mendesain informasi/berita terkait pelaksanaan layananan pemerintah khususnya Satker Kementerian Agama di Kota Makassar kepada masyarakat dan Umat,” benernya.

Kegiatan yang berlangsung sehari ini menghadirkan tiga orang pemateri, H. Mawardy Siradj Pranata Humas Ahli Muda Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, As. Kambie dan Ilham Mangenre selaku Praktisi Media di Kota Makassar.

Sebelumnya Pranata humas Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan Mawardy menyebut para calon kontributor berita merupakan jurnalis plat merah yang bertugas menyampaikan informasi/berita Kementerian Agama kepada masyarakat sehingga apapun yang menjadi kebijakan, program dan kegiatan di satker Kemenag bisa diketahui oleh Publik, sehingga masyarakat atau nitizen tidak menerima berita Hoax yang menjadi salah satu masalah besar saat ini.

“Humas itu merupakan corong dan juru bicara sebuah lembaga, baik tidaknya sebuah lembaga tergantung dari bagus tidaknya humasnya menyampaikan dan menyajikan berita dan informasi kepada masyarakat,” paparnya.

Dihadapan para peserta Bimtek termasuk hadir perwakilan dari MAN 1 Kota Makassar Dr. Nurdin, S.Pd., M.Si., M.Pd. Lanjutnya mengatakan bahwa “Saya tekankan setiap kontributor yang bertugas di Madrasah maupun KUA Kecamatan wajib mempublikasikan kepada masyarakat melalui press release atau ekspose ke media dengan mengirimkan berita ke website resmi Kemenag Sulsel, minimal satu berita setiap harinya atau One Day One News,”tandasnya. (Nrd)

 

0 Response to "Ikuti Bimtek Kehumasan, Sehari Setelah Terpilih Wakamad Humas MAN 1 Kota Makassar"

Post a Comment