PROGRAM KERJA HUMAS MAN 1 KOTA MAKASSAR TERBARU 2021-2022

Makassar, (Humas MAN 1 Kota Makassar) - Puji syukur kepada Allah SWT., atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya, kepada kita semua, khususnya Keluarga Besar MAN 1 Kota Makassar sehingga Program Kerja Wakil Kepala Madrasah bagian Hubungan Masyarakat (Humas) ini dapat terwujud.

Program Kerja ini dibuat untuk dapat dijadikan pedoman penyelenggaraan madrasah dalam proses hubungan yang sesuai dengan melalui musyawarah Tenaga Edukatif, Administratif, dan Komite Madrasah.

Baca Juga: BIDANG HUMAS MAN 1 MAKASSAR

Sesuai dengan definisi tugas dan tanggung jawab yang tercantum  dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Madrasah. Pada bagian B tentang Pelaksanaan Rencana, point 9 berisi Kerja Budaya dan Lingkungan sekolah/madrasah dan point 10 berisi Peran serta Masyarakat dan Kemitraan Madrasah.

Akhirnya ucapan terima kasih selayaknya disampaikan kepada semua pihak yang telah bekerja secara optimal dalam penyusunan Program Kerja ini. Semoga Allah SWT. Tetap memberikan petunjuk agar mutu pendidikan di MAN 1 Kota Makassar ini semakin meningkat sehingga dapat memberikan konstribusi bagi masyarakat dan bangsa melalui para output dan outcomes nya. Amien.

    Makassar; 27 Agustus 2021

 

       Wakil Kepala madrasah

       Urusan Hubungan Masyarakat,  

 

 

       Dr. Nurdin, S.Pd., M.Si.

                                                                                            NIP. 197604072005011007

BAB I PENDAHULUAN

1.1        Dasar Pemikiran

Dengan semakin kompleksnya manajemen Madrasahyang selalu berkembang dan padatnya kegiatan kepemimpinan di madraah, maka semakin banyak pula masalah-masalah yang perlu penanganan, dan melibatkan warga madrasah, baik guru, orang tua, karyawan, siswa maupun pemerintah setempat  sama-sama menyadari perlunya terobosan-terobosan yang positif agar mampu meningkatkan nilai jual madrasah, meningkatnya kepercayaan masyarakat dan semakin kondusifnya kegiatan belajar mengajar sehingga akan menghasilkan lulusan yang baik dan bisa menempati perguruan-perguruan ternama seperti yang diharapkan oleh masyarakat.

Keterlibatan seluruh warga madrasah civitas keluarga besar MAN 1 Kota Makassar  serta masyarakat yang peduli akan madrasah, serta saling mengisi diantara kelebihan dan kekurangan yang ada akan menjadikan kegiatan proses belajar mengajar akan berlangsung dengan baik dan efektif, masyarakat merasa memiliki dan merasakan manfaat dengan adanya madrasah yang berada dilingkungannya. 

Dalam hal ini wakil kepala madrasah sebagai perantara hubungan dengan masyarakat tidak mungkin dapat bekerja sendiri tanpa ada kerja sama dengan berbagai pihak, Humas menjadi unsur penyambung komunikasi dengan berbagai pihak dan berbagai kegiatan informasi-infirmasi yang berhubungan dengan kinerja guru, pembuatan perangkat guru, dengan orang tua siswa, dengan instansi  dan berbagai permasalahan yang dengan tepat bersama kepala madrasah dan unsur pimpinan yang lain saling bekerja sama dalam menjalankan kepemimpinan di madrasah. 

Semua warga madrasah, warga masyarakat dan tokoh-tokoh pemerintah daerah setempat selalu bekerja sama untuk kemajuan pendidikan di daerah tersebut, karena kita juga menyadari bahwa tidak semua peserta didik mampu untuk mencukupi kebutuhan madrasahsehari-hari, buku, alat tulis dan buku-buku paket lain untuk belajar sehari-hari. Terobosan-terobosan baru, kerjasama dengan berbagai pihak dan menggali informasi-informasi untuk bea siswa, BKM maupun bantuan-bantuan lain. Sehingga bagi yang kurang mampu dapat terus bisa bersekolah.

Bagaimanapun juga madrasah tidak bisa terlepas dari lingkungan masyarakat dimana madrasah tersebut berada, hubungan harus tetap dibina dengan baik, kultur dan budaya masyarakat tidak boleh bersinggungan. Bantuan dan silaturahmi dengan warga setempat, harus terus dibina, sumbangan dan santunan bagi masyarakat sekitar yang kurang mampu, adanya musibah, kematian dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya terus dibina sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh madrasah.

Kerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat, RT, RW, Kepala Kelurahan sangat diperlukan dan ditingkatkan lagi karena dengan kerjasama yang baik dan saling pengertian maka akan terciptanya kondisi yang tertib, keamanan terjaga dan situasi selalu kondusif karena masyarakat merasa ikut memiliki dan peduli dengan keberadaan madrasah tersebut.

Bekerja sama dengan komite madrasahuntuk mencari solusi-solusi yang terbaik bagi peningkatan mutu pendidikan, menggalang dana, dan mencari terobosan-terobosan dana untuk menunjang program madrasahyang telah dispakati bersama dalam rapat-rapat Komite, sehingga masyarakat tidak merasa terbebani dengan pembiayaan madrasahdalam upaya peningkatan madrasahyang berkualitas dan menghasilkan lulusan SDI yang dapat bersaing di era globalisasi.

Dengan Perguruan-perguruan tinggi kerjasama juga terus ditingkatkan agar mampu menambah wawasan yang luas bagi peserta didik, penempatan mahasiswa PPL dari perbagai perguruan tinggi, kunjungan-kunjungan ke Perguruan tinggi, penandatangan MoU saling pengertian merupakan bentuk kerjasama yang terus ditingkatkan sehingga mampu menciptakan generasi yang berpikir rasional dan ilmiah dalam kehidupn dimasyarakat nantinya.

1.2        Tujuan dan sasaran Program

Ruslan (2006) mengatakan bahwa humas merupakan mediator yang berada di antara pimpinan organisasi dengan publiknya. Selanjutnya, ia mengatakan bahwa aktivitas tugas humas adalah mengelola komunikasi antara organisasi dengan publiknya. Jadi dapat dikatakan bahwa humas (public relation) adalah aktivitas yang menghubungkan antara organisasi dengan masyarakat (public) demi tercapaianya tujuan organisasi dan harapan masyarakat dengan produk yang dihasilkan.

Berdasar pengertian tersebut, maka maksud disusunnya program kerja Wakil Kepala madrasah urusan Hubungan Masyarakat adalah mampu untuk menjembatani keterlibatan seluruh anggota masyarakat sekolah, guru, karyawan, siswa, orang tua, lingkungan, perguruan tinggi dan lembaga pemerintah dan swasta untuk ikut peduli dalam mengoptimalkan kemampuan dan kerja sama sesuai dengan kemampuannya masing-masing, dan membntu kepala madrasahdalam kegiatan pengelolaan sekolah.

Adapun tujuan dari program kerja Wakil Kepala Madrasah urusan hubungan masyarakat adalah:

  • Meningkatkan kerja sama antar warga madrasah.
  • Meningkatkan kerja sama antara madrasahdengan masyarakat sekitar sehingga masyarakat merasa memiliki dan tanggung jawab keberadaan sekolah.
  • Meningkatkan kerjasama dengan tokoh-tokoh masyarakat, komite madrasahsehingga bersama-sama berperan aktif dengan maju mundurnya sekolah.
  • Menjalin kerjasama dengan alumni
  • Menjaga keharmonisan hubungan dengan masyarakat sekitar sehingga keamanan madrasahdapat terpelihara dengan baik.
  • Meningkatkan dan menumbuh kembangkan jiwa persaudaraan, kebangsaan dan persatuan .
  • Bersama dengan BP/BK Menjalin hubungan dengan perguruan-perguruan tinggi untuk meningkatkan wawasan peserta didik.

Adapun sasaran yang ingin dicapai dari program ini adalah terjalinnya hubungan baik antar anggota masyarakat masyarakat, masyarakat umum, lingkungan, komite, perguruan tinggi, Dunia usaha dan Industri, tokoh-tokoh masyarakat, alumni dan mendia massa sehingga terciptanya hubungan yang harmonis dan terjalin rapi serta saling pengertian pada tahun pelajaran 2021/2022

1.3         Ruang Lingkup Bidang Kerja  Humas 

Ruang Lingkup bidang kerja Humas di madrasah ini adalah dapat dikelompokkan dalam beberapa bidang yang meliputi:

  • Koordinasi dengan Kepala madrasah dan unsur pimpinan lain.
  • Kerjasama dengan BP/BK dalam menangani masalah kemampuan, minat dan kekeluargaan
  • Kerjasama dengan warga madrasah.
  • Kerjasama dengan tokoh masyarakat.
  • Kerja sama dengan aparat pemerintahan Kelurahan
  • Menjalin silaturahmi antar Alumni.
  • Kerjasama dengan perguruan tinggi tentang kemajuan pendidikan
  • Mengembangkan persaudaraan  dengan lingkungan yang harmonis.
  • Menjalin kerjasama dengan Kantin madrasah, pengurus OSIM tentang kebersihan lingkungan.

Disamping hal-hal tersebut diatas wakamad Humas melaksanakan kegiatan-kegiatan sebagai berikut;

  • Melakukan Koordinasi secara  Kontinue dengan semua unsur pimpinan dan Tata Usaha.
  • Menerima tamu umum yang berkaitan dengan tugas kehumasan.
  • Penyampaian informasi terkai tdengan Sertifikasi, Libur Madrasahdan informasi-informasi lain yang ada kaitannya dengan guru dan madrasah.
  • Menuliskan berbagai informasi dipapan pengumuman guru kaitannya dengan rapat madrasah, rapat awal tahun,  rapat kelulusan, rapat akhir tahun dan kenaikan kelas.
  • Mempersiapkan agenda rapat.
  • Mempersiapkan pertemuan-pertemuan dengan pengurus komite, jika ada hal yang perlu dibicarakan.
  • Melakukan Home visit bersama BP/BK, Wali Kelas, jika ada siswa yang sakit, atau siswa yang jarang masuk madrasah.

BAB II PROGRAM KERJA WAKIL KEPALA MADRASAH BIDANG HUMAS TAHUN PELAJARAN 2021-2022 

    3.1. Target Bidang Humas :
  • Penguatan Branding Humas  HUMAS MADRASAH, SIAP KEREN
  • Kegiatan Promosi ke sekolah-sekolah/madrasah.
  • Pemberdayaan Komite madrasah.
  • Rapat-rapat dengan orang tua siswa.
  • Hubungan dengan instansi terkait.
  • Pameran, bazar dan Dies Matalis/Milad madrasah.
  • Membina hubungan antar sekolah/madrasah. 

Dari target kegiatan tersebut di atas maka, dirumuskan kegiatan Program kerja Wakamad. Humas sebagai berikut:

  • Membina Hubungan Internal Warga Madrasah.
  • Membina Hubungan Eksternal Madrasah.
  • Silaturahmi dan Bakti Sosial.
  • Publikasi Informasi dan Promosi Madrasah.  













  •  

     





0 Response to "PROGRAM KERJA HUMAS MAN 1 KOTA MAKASSAR TERBARU 2021-2022"

Post a Comment