Ritual baca-baca Biringkassi Tamparang dan Pegelaran Seni PPLH Puntondo Kab. Takalar


Puntondo (Mantap-Makassar.com) - Pelaksanaan kegiatan sebagai rangkaian memperingati hari bumi tahun 2016 adalah melaksanakan makan malam bersama dan ritual baca-baca do'a biringkassi tamparang Puntondo, pertunjukan seni dan diskusi budaya tentang kearifan tradisi lokal untuk penyelamatan lingkungan yang dilaksanakan di alam terbuka Puntondo Kab. Takalar.

Acara ini diikuti oleh semua peserta tanpa terkecuali mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, kepolisian, TNI, organisasi sekolah, LSM dan stakeholder yang hadir termasuk pula dari guru serta Siswa Pencinta Alam dan Lingkungan MAN 1 Makassar semua ikut larut menyaksikan acara yang diselenggarakan oleh Panitia pelaksana peringatan hari Bumi 2016 PPLH Puntondo Kec. Mangarabombang Kab. Takalar pada malam minggu tanggal 23 April 2015.

Kegiatan ini sebagai simbol dan nilai-nilai kearifan lokal yang memiliki makna tersendiri yang dianut oleh masyarakat Puntondo secara turun temurung melalui simbol pada makanan dengan menyiapkan "penyajian ritual Songkolo". dan makan songkolo secara bersama. Songkolo adalah jenis makanan yang disajikan hampir disetiap acara yang ada dilanjutkan diskusi dan pengenalan kearifan lokal yang di tempat tersebut. Ada beberapa kegiatan menarik yang sempat kami dokumentasikan diantaranya sebagai berikut;













0 Response to "Ritual baca-baca Biringkassi Tamparang dan Pegelaran Seni PPLH Puntondo Kab. Takalar"

Post a Comment