Diklat UN Geografi 2019 dan Pembentukan Pengurus MGMP Geografi Nasional



Jakarta, (Humas MAN 1 Makassar) Dalam rangka peningkatan kompetensi dengan meningkatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan guru geografi agar mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sesuai dengan kompetensi yang dipersyaratkan pada Ujian Nasional (UN) Geografi Madrasah Aliyah, maka Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, dan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama Republik Indonesia di Jakarta, menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Teknis Substantif UN Geografi Madrasah yang di buka mulai pada hari Rabu, (13/11/2019).

Pelaksanaan Diklat yang berlangsung selama 11 (sebelas) hari yang dimulai pada hari Rabu (13/11/2019) hingga Sabtu (23/11/2019) dengan jumlah Peserta Diklat Khusus Guru Geografi sebanyak 33 orang yang berasal dari perwakilan Guru Geografi  lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama di Seluruh Indonesia.  Tenaga Pengajar yang membimbing peserta selama proses Pembelajaran dalam diklat ini terdiri dari; Narasumber Pusdiklat Tenaga Teknis dan Widyaiswara pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Republik Indonesia Jakarta.

Guru Geografi MAN 1 Kota Makassar Nurdin, S.Pd., M.Si., pada saat mengikuti Diklat UN Geografi di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan - Badan Litbang Kemenag. RI di Jakarta (13/11/2019)

Diklat dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Prof. H. Abdurrahman Mas’ud, Ph.D didampingi oleh Kapusdiklat Tenaga Teknis Dr. H. Mahsusi, MM., serta Widyaiswara dan pendamping kelas. Pada kesempatan ini, Diklat dibuka dan berlangsung secara bersamaan beberapa Diklat lainnya yakni; Diklat Teknis Substantif UN Geografi MA, Diklat Teknis Substantif UAMBN Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs, Diklat Teknis Substatif UN Fisika, dan Diklat Teknis Substantif UN Hadis-Ilmu Hadis MA, dengan jumlah keseluruhan peserta sekitar 120 orang.

Peserta Diklat Teknis Substantif UN Geografi MA, “Nurdin, S.Pd., M.Si., guru Geografi MAN 1 Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, mengucapkan banyak terima kasih atas pelaksanaan diklat ini, kesan-pesan yang dapat kami sampaikan adalah sangat luar biasa pelaksanaan diklat ini, mulai dari awal sampai terakhir, kita betul-betul diberikan ilmu yang sangat banyak dan ilmu yang kita dapatkan disini betul-betul menyentuh apa yang nantinya kita bisa aplikasikan ke sekolah/madrasah masing-masing, mudah-mudahan kepada teman-teman kami di seluruh Indonesia khususnya bagi yang mengikuti diklat ini, dapat mengaplikasikan ilmu yang di dapatkan di pusdiklat ini”. Ujar Nurdin seusai penutupan Diklat.

Peserta Diklat UN Geografi Se - Indonesia di Pusdiklat Tenaga Pendidikan dan Keagamaan RI.
 Sangat luar biasa pelaksanaan Diklat ini, yang berarti bahwa diklat Substantif yang diselenggarakan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia di Jakarta, merupakan Diklat yang diselenggarakan dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang bersifat substantif dalam rangka pencapaian kompetensi yang terkait dengan pekerjaan yang bersangkutan, diantaranya sebagai guru geografi diharapkan mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional sebagai guru geografi Madrasah Aliyah dan, atau sebagai guru madrasah lainnya.

Walaupun pelaksanaan Diklat ini, selama sebelas hari lamanya, namun melalui Diklat ini kita mendapatkan banyak ilmu teknis terutama terkait dengan Diklat Teknis Substantif Ujian Nasional (UN) Geografi MA, yang terbagi menjadi 3 (tiga) Kelompok ilmu mata diklat yakni;

  1. Kelompok Dasar, yang terdiri dari; 1). Pembangunan bidang agama, 2). Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Agama, dan 3). Peningkatan Kualitas Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan. 
  2. Kelompok Inti, yang terdiri dari; 1). Analisis SKL, KI, KD, Kisi-kisi dan Soal UN Geografi MA., 2). Materi Esensial UN Geografi MA, 3). Analisis Soal HOTS UN Geografi MA, 4). Strategis penyelesaian Soal UN Geografi MA, 5). Rencana Praktik penyelesaian soal UN Geografi MA, 6). Praktik penyelesaian Soal UN Geografi MA dan 7). Pembahasan Hasil Praktik soal UN Geografi MA.
  3. Kelompok Penunjang, yang terdiri dari; 1). Overview, 2). Building Learning Commitment, 3). Evaluasi Program, dan 4). Rencana Tindak lanjut (RTL). 
Ketua MGMP Geografi Nasional Mishad, S.Pd., M.Pd. (Prov. Jawa Timur) dan Wakil Ketua Nurdin, S.Pd., M.Si., (Prov. Sulawesi Selatan (Doc. 22/11/2019)
Mengingat mata Diklat seperti di atas, maka kami berharap kepada diri sendiri dan mudah-mudahan kepada teman-teman kami di seluruh Indonesia khususnya bagi yang mengikuti Diklat ini, dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di Pusdiklat Tenaga Pendidikan dan Keagaman ini, sehingga tujuan dilaksanakannya Diklat yakni peserta mampu meningkatkan kompetensi, sehingga meningkat nilai UN Geografi dan mata pelajaran lainnya di UN/UAMBN-kan pada setiap Madrasah Aliyah dapat tercapai. 

Pelaksanaan Diklat kali ini, yang merupakan Diklat penutup untuk Tahun Anggaran 2019, seperti disampaikan sebelumnya bahwa Diklat ini dihadiri oleh seluruh perwakilan guru geografi di seluruh Indonesia, sehingga moment pertemuan nasional ini, dimanfaatkan pula membentuk kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi Tingkat Pusat (Nasional) Indonesia dengan susunan pengurus sesuai kesepakatan hasil pemilihan yang terdiri dari Ketua Mishad, S.Pd., M.Pd., (Prov. Jawa Timur).

Adapun yang terpilih sebagai Wakil Ketua Nurdin, S.Pd., M.Si., (Prov. Sulawesi Selatan), sekertaris, bendahara dan seterusnya, kepada semua peserta Diklat Geografi yang hadir, juga disepakati sebagai koordinator MGMP geografi masing-masing Tingkat Provinsi. Demikian Terima Kasih, "Hidup dan Teruslah Maju Geografi Indonesia dari Sabang sampai Merauke, Teruslah Maju Geografi di madrasah Hebat dan Bermartabat sepanjang masa". Amin… (Nrd).





0 Response to "Diklat UN Geografi 2019 dan Pembentukan Pengurus MGMP Geografi Nasional"

Post a Comment