Berita-foto praktik MAN 1 Makassar Di PPLH Puntondo 2016



Makassar, (Mantap-Makassar.com) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Makassar yang beralamat di Jl. Talasalapang No. 46 Makassar, melakukan studi lapangan Bidang Geografi, dan mata pelajaran lain yang terkait dengan Lingkungan Hidup di Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Puntondo Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang Kab. Takalar, Rabu, (21/4/2016).

Kegiatan ilmiah ini merupakan rangkaian pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran geografi dan mata pelajaran lainnya yang berhubungan dengan lingkungan hidup pada jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) MAN 1 Makassar.

Rombongan siswa berjumlah 71 orang ini dilepas langsung oleh Kepala MAN 1 Makassar Ramli Rasyid, S.Ag, M.Pd.I di Lapangan Upacara MAN 1 Makassar dengan tujuan siswa mengumpulkan data penelitian melalui wawancara, pengambilan gambar dan praktek/mengamati langsung cara kerja alat untuk mengetahui segala sesuatu dan fenomena yang berkaitan dengan lingkungan hidup dan lainnya. Dengan demikian ilmu geografi yang siswa peroleh di kelas yang bersifat teori dan konseptual, kini terlengkapi dengan pembuktian empirik dan faktual di lapangan.

Kegiatan ilmiah yang dibimbing dan didampingi oleh Pengajar mata pelajaran Geografi Nurdin, S.Pd, M.Si., Sejarah (Rabaniah, S.Pd), Drs. Fajaruddin (Olahraga) bersama dengan beberapa guru pendamping siswa lainnya yakni; Dra. Hj. Murniati, Sunarti, S.Pd, Dra. Nurhana, dan Ibu Dra. St. Nurfatma yang berlangsung di wilayah Puntondo dengan mendatangi sebanyak 7 titik tempat penelitian yakni; tempat Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTA) Tempat Weater Treatment, Persemaian Mangrove, Tempat Solar Cooker, Pembuatan Pupuk kompos dan Tempat Alat Pengolahan atau penyaringan Air asin menjadi air tawar yang dapat dikomsumsi langsung sebagai air minum dan objek lainnya yang  berlokasi di wilayah PPLH Puntondo Kab. Takalar.

Menurut pengakuan para siswa yang diwakili oleh Asrul, Salsabila Suci Lestari dan Andi Anand Pahresy bahwa praktik mata pelajaran ini berkontribusi positif terutama untuk pengembangan wawasan geografi apalagi materi yang kerkaitan dengan lingkungan hidup secara alamiah dan kemampuan meneliti. Pengakuan ketiganya disampaikan di sela sela kegiatan praktik.

Di akhir Pelaksanaan praktik lapangan, seluruh siswa MAN 1 Makassar melaksanakan aksi penanaman pohon di sekitar PPLH Puntondo, sebagai rangkaian praktik dengan cinta lingkungan hidup, juga sebagai bentuk apresiasi siswa memperingati hari bumi yang akan diperingati beberapa hari lagi ke depan. 

Pada kesempatan ini pula para  siswa MAN 1 Makassar di kesempatan membulatkan tekad dan  mendeklarasikan diri sebagai salah satu kelompok Siswa Pencinta Alam dan Lingkungan yang diberi nama SISPALA MAN 1 Makassar. Hal ini menjadi sejarah baru bagi MAN 1 Makassar karena pada kesempatan ini, tepatnya hari Kamis tanggal 21 April 2016, atau bertepatan dengan peringatan hari Ibu Kartini di Puntondo terbentuk pula kelompok siswa pencinta Alam dan Lingkungan MAN 1 Makassar tersebut.

Selaku Guru Geografi, sebagai pembimbing dan Juga Pembina Praktik lapangan Nurdin, S.Pd, M.Si., beserta guru Pembina lainnya pada rombongan ini, merasa senang, bahagia dan bersyukur dengan terbentuknya SISPALA di madrasah ini, semoga dengan adanya SISPALA MAN 1 Makassar siswa semakin cinta, kreatif, inovati dan semakin peduli dengan keberadaan alam lingkungan. Selanjutnya rombongan siswa meninggalkan Lokasi Praktik Lapangan PPLH Puntondo dan pulang menuju Makassar, Kamis Sore. Semoga Kegiatan ini membawa manfaat. amin. (Nrdn)

Berikut ini adalah sekilar info yang terdiri dari kumpulan foto/gambar hasil dokumentasi langsung tentang pelasanaan studi lapangan geografi dan mata pelajaran terkait lingkungan hidup MAN 1 Makassar pada hari Kamis, tanggal 21 April tahun 2016 bertempat di Pusat Studi Lingkungan Hidup Kab. Takalar Tahun pelajaran 2015-2016. Kegiatan ini terlaksana sukses diikuti kelas XI IPS MAN 1 Makassar dengan diikuti oleh guru pendamping/pembimbing dan mahasiswa PPL UNM Makassar sebagai berikut:

























 Terumbu Karang

Rumput laut

0 Response to "Berita-foto praktik MAN 1 Makassar Di PPLH Puntondo 2016"

Post a Comment