Kepala Madrasah Se - Kota Makassar Duduk Bersama di MAN 1 Kota Makassar, Bahas Sekolah Ramah Anak atau Satuan Pendidikan Ramah Anak ?

 

Talasalapang, (Humas MAN 1 Kota Makassar) - Kepala madrasah Se - Kota Makassar yang tergabung melalui Kelompok Kerja Madrasah (KKM) duduk bersama dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, fokus dalam pembahasan tindak lanjut implementasi dari Undang-Undang Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia dan undang-undang terkait lainnya pada madrasah, bertempat di lantai 1 gedung Baru SBSN MAN 1 Kota Makassar, Jum'at (10/09/2021).

Baca Juga: Rapat Persiapan Pelaksanaan Vaksin di MAN 1 Kota Makassar, Harapnya Begini !

"Saat ini telah berubah istilah dari sekolah ramah anak menjadi satuan pendidikan ramah anak demikian makna lebih luas dan tidak kepada sekolah saja, hal ini secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab, dengan prinsip utama adalah non diskriminasi kepentingan, hak hidup serta penghargaan terhadap anak, semua harus diperlakukan sama, berhak menjadikan madrasah menjadi rumah kedua atau "surga bagi anak-anak kita”.
 
 
Foto Kepala Seksi Penmad. Kantor Kementerian Agama Kota Makassar Suedi, M.Pd.I., saat memberikan penyampaian materi, Kepala MAN 1 Kota Makassar Dr. Luqman MD., dan Ketua KKM MA Ali Khan, M.Pd., di depan peserta KKM se - Kota Makassar. (Doc. humas)

Demikian  Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Makassar Suedi, S.Ag., M.Pd.I, disampaikan pada pertemuan ini,  didampingi langsung Kepala MAN 1 Kota Makassar Dr. Luqman MD, S.Ag., S.E.,M.M., seusai acara dibuka dan ucapan selamat datang kepada semua yang hadir. "Terimakasih dan Selamat datang kita semua di tempat ini", ucapnya.
 
Turut hadir Pengawas MAN 1 Kota Makassar Dra. Hj. Hilmah Latif, Ketua KKM Madrasah Aliyah (MA) Ali Khan, S.Ag., M.Pd.I., Ketua KKM Madrasah Tsanawiyah (MTs.)  Fatmawati, S.Pd., M.Pd., Ketua KKM Madrasah Ibtidayah, (MI) Hj. Enre, S.Pd., M.Pd., serta para kepala madrasah MA, MTs, dan MI baik negeri dan swasta Se - Kota Makassar.

Lebih lanjut disampaikan Suedi pada pertemuan ini "Siapkan kotak pengaduan (kotak bicara), atau buatlah aplikasi yang bisa menampung pengaduan anak di madrasah, sehingga bisa diketahui dan ada perbaikan madrasah. berikanlah hak akses kepada anak/siswa untuk melakukan pengaduan dengan memanfaatkan kotak bicara atau aplikasi tersebut". urainya.
 
Foto Pertemuan KKM Se - Kota Makassar di Lantai 1 Gedung Baru SBSN MAN 1 Kota Makassar (Doc. Humas M1M)

Konsep pendidikan ramah anak adalah mengubah paradigma guru dari paradigma pengajar menjadi pembimbing, menjadi sahabat, tidak meninggalkan kesan kepada anak sebagai orang yang harus ditakuti, semua orang yang ada di madrasah menjadi teladan, terlibat dalam perlindungan anak, memberikan keputusan bersama dalam memberikan pembinaan kelangsungan hidup anak-anak, dengan menciptakan suasana baik, nyaman, menghormati dengan baik pandangan siswa, ada tempat menarik, dan keterlibatan orang tua.

Indikator satuan pendidikan ramah anak antara lain; siswa bebas tindakan kekerasan, hindari perlakuan anak secara fisik, tidak merendahkan martabak anak-anak, ada upaya pencegahan dari madrasah untuk menghindari tindakan seksual kepada anak, anak diberi kesempatan untuk mengembangkan bakat, tidak memaksakan bakat anak berdasarkan kepentingan gurunya.

Foto KKM Se - Kota Makassar saat pertemuan di MAN 1 Kota Makassar (10/9/2021)

Selanjutnya anak dilibatkan dalam kegiatan di lingkungan madrasah, memiliki kemitmen mewujudkan kawasan bebas rokok, narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (Napza), mencegah anak dari terjadinya keracunan makanan yang ada di kantin, mencegah terjadinya kecelakaan anak contoh lantai WC licin dan lainnya".

Diakhir penyampaian Suedi bahwa "madrasah adalah salah satu satuan pendidikan ramah anak sebagai bagian yang tak terpisahkan atau bagian terpenting untuk mewujudkan Kota Makassar sebagai kota ramah anak. Walikota Makassar tidak dapat meraih predikat itu tanpa ada dukungan madrasah sebagai salah satu penyelenggara pendidikan di Kota Makassar". Urainya.

Foto Sulfikah Nur, M.Pd.I., saat tampil sebagai pembicara (Doc.Humas M1M, 10/9/2021)

Tak kalah menarik sebelum pertemuan berakhir, Sulfikah Nur, M.Pd.I, Kepala MTsN Negeri 1 Kota Makassar tampil sebagai pembicara yang memberikan semangat, motivasi dan banyak pengalaman pada pertemuan ini.

"Mari berusaha agar KKM se - Kota Makassar ke depan dapat lebih maju dan berkembang lagi, maaf saya masih termasuk baru bergabung sebagai kepala madrasah di Kota Makassar ini", Tutur mantan kepala MTsN Gowa ini, sebagai kepala madrasah penggagas madrasah digital dan sebagai alumni MAN 1 Kota Makassar. (Nrd)












0 Response to "Kepala Madrasah Se - Kota Makassar Duduk Bersama di MAN 1 Kota Makassar, Bahas Sekolah Ramah Anak atau Satuan Pendidikan Ramah Anak ?"

Post a Comment