Guru MAN 1 Kota Makassar dikukuhkan Pengurus Pusat Ikatan Geograf Indonesia (IGI) dan Webinar 2021

Zoom Jakarta, (Humas MAN 1 Makassar) - Pengurus Pusat Ikatan Geograf Indonesia (IGI) melaksanakan pengukuhan Pengurus Pusat berdasarkan keputusan nomor 1/KPTS/PP-IGI/I/2021 tentang perubahan Pengurus Pusat IGI Masa Bakti 2020 - 2022 dengan kegiatan diawali sambutan Ketua Umum IGI Dr. Muhammad Dimyati, M.Sc., dilanjtkan dengan kegiatan webinar nasional dan internasional yang berlangsung sukses lancar, Sabtu (13/02/2021).

Adanya kekosongan Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Geograf Indonesia (IGI) atas meninggalnya Prof. Dr. Hartono DEA, DESS, tanggal 1 September 2020, sehingga diselenggarakan kongres luar biasa tanggal 21 November 2020 yang memutuskan Dr. Muhammad Dimyati, M.Sc., sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat IGI Periode 2018 - 2022.

Baca Juga: Kamad Buka Debat OSIM MAN 1 Kota Makassar 2021 

Pembawa acara Saka Kotamara, S.Si. (live zoom meeting, 13/02/2021)

Pada pengukuhan ini Ketua Umum IGI Muhammad Dimyati, menyampaikan bahwa setelah mempertimbangkan; 1). hasil kongres luar biasa yang diselenggarakan tanggal 21 November 2020 setelah berhalangan tetapnya sdr. Almarhum Prof Hartono Ketua Umum IGI, 2). Kebutuhan organisasi, 3). Kecakapan dan kesesuaian serta 4), Dedikasi selaku ketua umum maka dengan ini mengukuhkan Pengurus Pusat IGI Periode 2018 - 2022 dengan amanah melaksanakan Anggaran Dasar (ARD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) dengan segala ketentuan organisasi IGI. tegasnya.

"Pengurus Pusat IGI wajib menjunjung tinggi kehormatan, martabat dan kode etik IGI, wajib mengedepankan penyelesaian segala permasalahan dengan asas kekeluargaan, serta wajib bekerja dengan jujur, adil, rajin, ikhlas dan bersemangat untuk kepentingan organisasi, masyarakat negera dan bangsa" tambahnya.

Pengukuhan ini dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Dr. Ir. St. Nurbaya Bakar, M.Sc., sebagai keynote speech dan The President  of International Geografhical (IGU) Prof. Michael E. Meadows sekaligus sebagai international speech pada sesi 1.turut hadir sejumlah akademisi, praktisi geografi dan hadir semua Pengurus Pusat IGI sebanyak 300-an melalui Online Zoom Meeting dan 1000-an melalui canal youtube yang berasal dari seluruh Indonesia.

Pada kesempatan ini St. Nurbaya Bakar menegaskan bahwa "keberadaan IGI memiliki peran penting dalam peningkatan Sumber Daya manusia (SDM) dan Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) serta lingkungan secara terintegrasi.  Dibutuhkan kerjasama multi disiplin secara bersungguh-sungguh untuk menyelesaikan masalah bangsa yang sedang dihadapi berdasarkan pada pembangunan berkelanjutan berwawasan wilayah". ungkap beliau'.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Dr. Ir. St. Nurbaya Bakar, M.Sc. (Doc.Humas M1M)

Selanjutnya pada sesi 2 Webinar Nasional moderator oleh Wirastuti Widyatmanti, Ph.D., sebagai pembicara 1 oleh Komisaris Utama, PT PLN (Persero) Bapak Amin Sunaryadi, Ak. MPA, CISA., membawakan tema "Peran Strategis Geograf dalam Sektor Energi"., 

Amin Sunaryadi menegaskan "untuk memaksimalkan pemanfaatan bumi dan air di Indonesia kita harus tahu secara akurat lokasi-lokasi semua sumber daya yang ada di bumi dan air (baik dipermukaan maupun di dalamnya) dan juga lokasi-lokasi rakyat Indonesia, hal ini sangat penting untuk program linier. "ujarnya.

The President  of International Geografhical (IGU) Prof. Michael E. Meadows. (Doc. humas,13/02/2021)

Pembicara 2 adalah Direktur Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan, Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, R.A. Belinda Arunarwati Margono, Ph.D. mengupas tema; "Peran Strategis Geograf Landscape Governance dan Inventarisasi serta Pemantauan Sumber Daya Hutan".

Belinda Arunarwati Margono pada sesi terakhir Webinar tegaskan "Diperlukan penerapan satu data Indonesia, berdasarkan amanah Perpres nomor 39 tahun 2019,  bahwa satu data Indonesia, secara akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses dan dibagipakaikan, berbasis data geospasial yang dapat digunakan oleh Instansi pusat, perseorangan, kelompok, atau badan hukum yang menggunakan data". lanjutnya.

Pada kesempatan ini, unsur pengurus pusat IGI hadir mengikuti pengukuhan dari awal hingga akhir, mulai dari dewan pengawas, dewan pengarah, komite etika profesi, dan pengurus Pusat IGI yang terdiri dari para wakil, sekretaris jenderal, wakil sekretaris jenderal, bendahara umum, wakil bendahara dan semua pengurus pada masing-masing tingkatan dibawahnya.

Turut hadir dikukuhkan bersama Wakil Ketua  II Bidang Pendidikan Tinggi Bapak Prof. Dr. H. Ramli Umar, M.Si., (Guru Besar/Dosen UNM), beserta seluruh bagian departemen beserta masing-masing koordinator, sekretaris dan anggota. Adapun Susunan untuk Pengurus Pusat IGI Bidang II adalah: 1). Departemen Standarisasi Pendidikan Tinggi Bidang Geografi; Koordinator : Prof. Dr. Dewi Lies Noor Setyowati, M.Si., Sekretaris : Muhammad Kamal, Ph.D., anggota : Dr. Sri Maryati, M.Eng., Drs. Yuli Priyana, M.Si., Dr. Nurdin, S.Pd., M.Si. (Guru Geografi MAN 1 Kota Makassar).

2). Departemen Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan; Koordinator : Dr. H. Halim Muharram, M.Pd., (Kepala LPMP Prov. Sul-Sel), Sekretaris : Dr. Rusman Rasyid., S.Pd., M.Pd., Anggota : Rahma Musyawarah, S.Pd., M.Pd., Andri Estining Sejati, S.Pd., M.Pd., Syafrudin Ajam, S.Pd., M.Si.. 3). Departemen Peningkatan Kualitas dan Pemberdayaan Mahasiswa Geografi; Koordinator : Dr. Retnadi Heru Jatmiko, M.Sc.,Sekretaris : Dr. Arif Rahman Nugroho, M.Sc., Anggota : Tamrin Robo, S.Pd., M.Sc., Hendra, S.Pd., M.Pd.

4). Departemen Penjaminan Mutu dan Akreditasi Pendidikan Tinggi Geografi; Koordinator : Prof. Dr. Ig L. Setyawan Purnama, M.Si., Sekretaris : Dr. Epon Ningrum, M.Pd., Anggota : Dr. Dewi Susiloningtyas, S.Si., M.Si., Prof. Dr. Eva Banowati, M.Si., Dr. rer.nat. Nandi, MT., M.Sc. Terakhir kegiatan dengan foto bersama seluruh pengurus yang telah dikukuhkan melalui Online Zoom Meeting dan Webinar ini. "Selamat dan Sukses atas Pengukuhan Pengurus Pusat IGI Periode 2018 - 2022". (Nrd).




Moderator Sesi 2 Wirastuti Widyatmanti, Ph.D (Humas)


Lihat Pula melalui Canal Youtube.



0 Response to "Guru MAN 1 Kota Makassar dikukuhkan Pengurus Pusat Ikatan Geograf Indonesia (IGI) dan Webinar 2021"

Post a Comment