Siswa MAN 1 Kota Makassar Komandan Upacara Pembukaan Kemah Merdeka Toleransi 2022 Se Sulawesi Selatan di Pakkatto

 

Pakkatto, (Humas MAN 1 Kota Makassar) - Peserta Didik MAN 1 Kota Makassar bernama Aditya Aril Permana Kelas XI MIA 5 menjadi komandan upacara di depan Kapolda selaku Pemimpin (Inspektur) upacara pada pembukaan ''Kemah Merdeka Toleransi 2022'', dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 77 bertempat di Pesantren Darul Ulum Pakatto, Gowa, Rabu (15/08/2022), 

Kemah yang dilaksanakan selama 3 hari dari 15 – 17 Agustus 2022, diikuti siswa-siswi Lintas Agama dan Budaya yang berasal dari sekolah dan madrasah dari seluruh Kabupaten Kota se- Sul sel.

Baca Juga:  12 Peserta Didik MAN 1 Kota Makassar yang Lolos KSM SP, Hari ini Ikuti Kompetisi Lanjutan

Kemah Mordeka Toleransi ini sebagai bagian Pekan Merdeka Toleransi Sulsel Tahun 2022 dengan mengusung Tema “Merdeka Dalam Keberagaman, Toleran Dalam Perbedaan.

Pembukaan Kemah ini sungguh sangat meriah dan istimewa, selain diikuti oleh ribuan Peserta juga dihadiri langsung Ketua DPRD Prov. Sulsel, Kapolda Sul-sel, Bupati Gowa, Kakanwil Kemenag Prov. Sul-sel, Kepala Badan Kesbangpol Pemprov. Sul-sel, Ketua dan Pengurus FKUB Sul-sel, para Pimpinan Majelis Agama Sul-sel serta Kakankemenag Kabupaten Kota se-Sul-sel. 

Menurut Kakanwil Kemenag. Sul-sel bahwa Kemah Merdeka Toleransi yang diikuti oleh siswa dan pelajar lintas agama se Sul-sel ini akan diisi berbagai kegiatan yang bertema Perbauran dan kebersamaan, seperti; Dialog, Pentas Seni, Standup Comedy, outbond, dan Penghijauan Lingkungan berupa penanaman bersama 500 Pohon Produktif yang bertujuan untuk meneguhkan kembali komitmen Kebangsaan dan kebhinekaan serta membangun Dan menciptakan suasana keakraban antar peserta utamanya bagi para siswa dan pelajar Lintas Agama agar bisa mempertahankan keutuhan NKRI yang menjadi warisan para Founding Father Negara kita tercinta 77 tahun yang lalu.

Pembukaan Kemah Merdeka Toleransi dikemas dalam bentuk Upacara dengan inspektur upacara oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol H. Nana Sudjana yang penuh semangat memulai sambutannya dengan Pekik Merdeka disambut meriah menggelegar oleh seluruh peserta dan hadirin. 

Menurut Mantan Kapolda Jawa Barat ini, sangat mengapresiasi dan mendukung Event Pekan Merdeka Toleransi, sebab sangat linear dengan semangat Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Saya Apresiasi Event ini, sebab sarat dengan pesan persatuan, sebagai nilai perekat bagi seluruh kekayaan heterogenitas yang dimiliki bangsa Indonesia, karenanya saya berharap Event dan Kegiatan seperti ini harus terus digalakkan dan dilanjutkan setiap Tahunnya,” ucap Kapolda Sulsel. 

Secara resmi, Kapolda Sulsel Membuka Kemah Merdeka Toleransi yang ditandai dengan Penabuhan Gendang bersama oleh Kapolda Sul-sel, Bupati Gowa, Ketua DPRD Sulsel, dan Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel serta Kaban Kesbangpol Pemprov. Sulsel, dilanjutkan dengan Pelepasan Balon berwarna Warni ke udara secara bersama.

Dalam Sambutannya, Bupati Kab. Gowa Adnan Purichta Yasin Limpo menegaskan bahwa Perbedaan dan keberagaman adalah keniscayaan, Persatuan dan persaudaraan adalah Keharusan,
Indonesia ada dan bertahan karena adanya Keberagaman, Nilai ini harus diwariskan kepada anak cucu serta generasi muda kita. 

Event Pekan Merdeka Toleransi yang didalamnya mempercayakan Kab. Gowa sebagai tuan rumah pelaksanaan salah satu kegiatannya yakni Kemah Merdeka Toleransi sangat bermanfaat, dan bisa dijadikan role model bagi seluruh elemen masyarakat yang cinta akan kedamaian dan kerukunan, karenanya saya ucapkan terima kasih kepada Kakanwil Kemenag Sulsel dan FKUB yang telah menginisiasi acara yang penuh manfaat ini, Ucap Bupati Gowa.

Kemah Merdeka toleransi selama 3 hari ini akan ditutup pada tanggal 17 Agustus 2022 ditandai dengan Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke 77 dimana pesertanya selain seluruh peserta Kemah, juga akan diikuti oleh Pengurus FKUB Sul-sel dan seluruh ASN Kanwil Kemenag Sulsel'.

Hadir Kemenag Makassar termasuk semua pembina dan pendamping dan ASN dari MAN 1 Kota Makassar, Gowa dan Takalar yang rencananya dipimpin langsung oleh Ketua FKUB Sulsel. Ikut menjadi kegembiraan tersendiri bagi keluarga besar MAN 1 Kota Makassar atas terpilihnya siswa MAN 1 Kota Makassar sebagai pemimpin upacara pada pembukaan acara ini.

Puncak Kegiatan Event Merdeka Toleransi ini akan digelar pada tanggal 20 Agustus 2022 yakni Pawai dan Karnaval Merdeka Toleransi yang rencananya akan diikuti oleh 10 ribuan peserta Lintas Agama dan Budaya di Sulsel dan Iring iringan Kendaraan Hias tematik, termasuk didalamnya Pasukan TNI Polri dan Kendaraan Panser dan Tank dari Kodam XIV Hasanuddin, dimana titik start dan Finisnya di Lapangan Karebosi Makassar. (Nrd)








0 Response to "Siswa MAN 1 Kota Makassar Komandan Upacara Pembukaan Kemah Merdeka Toleransi 2022 Se Sulawesi Selatan di Pakkatto"

Post a Comment