MAN 1 Kota Makassar Meraih Penghargaan Bintang 1 dan Kantin Inspiratif


Hotel Novotel, (MAN 1 Makassar) - Setelah melalui proses panjang yang telah dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Makassar, mulai dari kegiatan intervensi, Pembimbingan Teknis (Bimtek), pendampingan, dan audit kantin serta kegiatan workshop monitoring dan evaluasi, maka akhirnya BPOM mengumumkan sekolah/madrasah/sederajat yang menerima Piagam Bintang Satu dan Kantin Inspiratif, bertempat di Hotel Novotel Kota Makassar, Senin (09/12/2019).

Pengumuman Penerima Piagam Bintang dan Kantin Inspiratif dilaksanakan pada rangkaian puncak kegiatan Workshop Monitoring dan Evaluasi Program Intervensi Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang dihadiri oleh sebanyak 56 kantin sekolah/madrasah sederajat yang terdiri dari SD, SMP, dan SMA/SMK/Madrasah Aliyah Se-Sulawesi Selatan termasuk Kantin Assa'adah MAN 1 Kota Makassar yang mendapatkan Penghargaan  berupa Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan Jajanan Kantin Sekolah dan Penghargaan sebagai Kantin Inspiratif.

Sebanyak 56 Perwakilan Kantin Sekolah/madrasah yang meraih Piagam Bintang Satu dan Satu meraih Piagam Kantin Inspiratif  yakni MAN 1 Kota Makassar, bertempat di Hotel Novotel Kota Makassar.

Terkait dengan acara workshop dan pemberian penghargaan yang berlangsung meriah dan cukup menggembirakan bagi semua peserta, termasuk kebahagiaan Keluarga Besar MAN 1 Kota Makassar. Terlebih kebahagiaan tersendiri ketika di awal kegiatan ini, Kepala MAN 1 Kota Makassar DR.Luqman MD, S.Ag., S.E., M.M., yang didampingi oleh Wakil Kepala Madrasah Bagian Humas dan Keagamaan Nurdin, S.Pd., M.Si., diberi kesempatan oleh pihak panitia berdiri, tampil di depan menyampaikan, menjelaskan slide, foto dan bahkan memperlihatkan vidio durasi pendek produk MAN 1 Makassar, Sekilas Succes Story mulai kondisi awal kantin Assa'adah hingga meraih Piagam Bintang Satu dan Kantin Inspiratif.

Baca Juga: TIM AUDIT Balai Besar POM RI Kunjungi Kantin Assa'adah MAN 1 Kota Makassar

Perolehan Piagam Penghargaan ini melalui proses tersendiri, ada 1335 sekolah/madrasah/sederajat yang kami intervensi dengan memberikan bimbingan teknis pendampingan kemudian kita berikan audit kepada sarana kantinnya, dari situ yang bagus kita kumpulkan  dan yang kurang baik kita berikan pembinaan kemudian diberikan bimbingan teknis terkait Piagam Bintang Keamanan Pangan Sekolah, dari sinilah tersaring hingga terakhir menjadi 56 kantin sekolah/madrasah/sederajat. yang mendapatkan penghargaan ini. Demikian disampaikan Kepala Badan POM di Makassar Drs. H. Abdul Rahim, A.Pt., M.Si., pada kegiatan Workshop monitoring dan evaluasi PJAS tersebut.

Kepala MAN 1 Kota Makassar Dr. Luqman MD, S.Ag., S,E., M.M., didampingi Wakamad. Humas dan Keagamaan MAN 1 Kota Makassar Nurdin, S.Pd., M.Si. (09/12/2019)
Workshop Monitoring dan Evaluasi Program PJAS ini, dilaksanakan bersama pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, sehingga beberapa instansi ikut hadir dan turut memberikan informasi dan tanya jawab seputar yang terkait dengan Program PJAS yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, SKPD terkait lingkup Kota Makassar, Kementerian Agama Kota Makassar, Siswa-siswi dari berbagai sekolah yang didampingi oleh guru dan kepala sekolah/madrasah.

Baca Juga: Kantin Assa'adah MAN 1 Makassar Diresmikan, BPOM Tekankan 5 Hal Penting.

Selanjutnya oleh  Kepala Sub Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Konsumen BPOM RI Dini Gardenia dalam pemaparannya mengatakan bahwa masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki terkait pengetahuan dan kesadaran bagi sakeholder pengelola kantin keamanan Jajanan anak sekolah/madrasah. Dini menyampaikan perlunya diperbaiki pengetahuan dan kesadaran  bagi semua usaha produsen makanan jajanan anak sekolah maupun pada industri rumah tangga terutama perhatian aspek hegienitas proses pembuatan produksi pangan pada semua tingkatan sekolah/madrasah. (Nrd)














(Doc. Humas M1M)
 

0 Response to "MAN 1 Kota Makassar Meraih Penghargaan Bintang 1 dan Kantin Inspiratif"

Post a Comment