Nursyamsi Irsan, Pembina Upacara: Mari Do'akan para Suhada Palestina, yang masih hidup diberikan kekuatan olehNya

 

Makassar, (Humas Kota Makassar) - Upacara bendera merupakan salah satu tradisi yang dilakukan di berbagai institusi, termasuk di madrasah dan sekolah-sekolah. Di MAN 1 Kota Makassar, upacara bendera dilaksanakan setiap hari Senin sebagai bentuk penghormatan terhadap simbol negara, yaitu bendera Merah Putih (23/10/2023)

Upacara bendera memiliki beberapa tujuan penting. Pertama, sebagai sarana untuk memupuk rasa cinta tanah air dan kebangsaan pada siswa-siswi. Dengan melibatkan mereka secara aktif dalam upacara ini, diharapkan dapat tumbuh kesadaran akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Nursyamsi Irsan, S.Pd., Pembina Upacara Walikelas XI IPS 4

Selain itu, Nursyamsy Irsan, S.Pd., Walikelas XI IPS 4 selaku pembina menyampaikan bahwa upacara bendera menjadi wadah untuk melatih disiplin dan tanggung jawab siswa-siswi. Mereka diajarkan untuk mengikuti prosedur yang telah ditetapkan dengan rapi dan tertib. Hal ini dapat membentuk karakter mereka dalam hal kepatuhan terhadap aturan dan kedisiplinan.

Dalam pelaksanaannya, upacara bendera di MAN 1 Kota Makassar melibatkan seluruh komponen sekolah seperti guru-guru, siswa-siswi, serta staf administrasi. Acara ini biasanya dimulai dengan penghormatan terhadap sang saka Merah Putih yang dikibarkan oleh beberapa siswa pilihan dari ekskul paskibra madrasah.

Kepala MAN 1 Kota Makassar Dr. Luqman MD, S.Ag., S.E., M.M (Doc.humas)

Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh pembina upacara diikuti seluruh peserta upacara. Teks Pancasila menjadi dasar ideologi negara Indonesia dan sangat penting untuk dipahami oleh generasi muda, selebihnya dilaksanakan oleh siswa giliran pelaksana upacara bendera kelas XI IPS 4.

Upacara bendera di MAN 1 Kota Makassar juga diisi dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, lagu nasional pilihan dan upacara hari ini ditambah pengumuman penting kepala madrasah Luqman MD. Hal ini memberikan momen yang berkesan bagi siswa-siswi untuk merasakan kebersamaan dan semangat nasionalisme.

Sebagai bagian dari pendidikan karakter, upacara bendera setiap hari Senin di MAN 1 Kota Makassar memiliki peranan penting dalam membentuk generasi muda cinta madrasah, cinta tanah air, disiplin, dan bertanggung jawab.

Sebelum mengakhiri upacara mengajak seluruh hadirin untuk menundukkan kepala sejenak mendo'akan saudara kita yang dilanda peperangan di Palestina, semoga yang mati syahid diberikan tempat terbaik oleh Allah, yang masih berjuang diberikan kekuatan. "tutup Nursyamsi yang diamini oleh seluruh peserta upacara. (Nr)


 

 

 

0 Response to "Nursyamsi Irsan, Pembina Upacara: Mari Do'akan para Suhada Palestina, yang masih hidup diberikan kekuatan olehNya"

Post a Comment