Momentum Hari Sejuta Kiblat MAN 1 Kota Makassar

  

Makassar, (Humas MAN 1) – MAN 1 Kota Makassar melaksanakan pengukuran "Hari Sejuta Kiblat"  dengan mengambil beberapa lokasi dalam madrasah di Jalan Tala Salapang No. 46 Kota Makassar,  tepat pukul 17:18 wita. Senin (27/05/2024).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah, Dr. Hj. Nuraedah, S.Ag., M.Pd., bersama dengan wakil kepala madrasah dan beberapa staf dan guru. 

 Pengukuran dilakukan di beberapa titik strategis, termasuk di atas Gedung SBSN lantai 3 searah langsung dengan Masjid Maulana Rauf MAN 1 Kota Makassar, halaman depan madrasah dan pelaksanaan kalibrasi kiblat di rumah tempat tinggal masing-masing guru dan pegawai.

Pengukuran arah kiblat yang digelar secara serentak di Indonesia tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) kategori Pengukuran Arah Kiblat Secara Serentak di Lokasi Terbanyak.

Program Hari Sejuta Kiblat ini dicanangkan oleh Ditjen Bimas Islam Kemenag RI ini dilakukan dengan memanfaatkan momentum rashdatul kiblat atau istiwa a’zam yang terjadi pada hari Senin 27 Mei 2024 pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA, dimana pada saat itu posisi matahari melintas tepat di atas Ka’bah.

Pada kesempatan ini, Kepala MAN 1 Kota Makassar Hj. Nuraedah menyampaikan bahwa kegiatan kalibrasi atau pengukuran arah kiblat secara serentak ini, dilaksanakan di MAN 1 Kota Makassar dengan mengambil beberapa titik di madrasah dan di lokasi masjid serta rumah masing-masing guru di mana bertempat tinggal. 

 “Kami mengukur kalibrasi arah kiblat di atas Gedung SBSN lantai 3 madrasah yang searah dengan Masjid Maulana Rauf MAN 1 Kota Makassar, halaman depan madrasah dan pelaksanaan kalibrasi kiblat di rumah tempat tinggal masing-masing guru dan pegawai.” ucapnya.

Hasil dari pengukuran menunjukkan bahwa arah kiblat Masjid di MAN 1 Kota Makassar dengan metode memanfaatkan momentum rashdatul kiblat atau istiwa a’zam mengalami pergeseran sedikit sekitar 1 derajat dari arah barat laut. 

 Hal ini menegaskan bahwa, "Arah pelaksanaan ibadah shalat di madrasah atau di masjid madrasah ini dan sekitarnya perlu dilakukan penyesuaian dan meyakini hasil kalibrasi di madrasah pada hari ini berdasarkan pengukuran rashdatul kiblat atau istiwa a’zam memastikan arah kiblat sesuai dengan arah kiblat yang benar, "ujarnya.

“Terima Kasih kepada seluruh Keluarga Besar MAN 1 Kota Makassar atas partisipasinya pada kegiatan ini, dan kalibarasi ini kita akan semakin tenang melaksanakan shalat karena sudah sesuai dengan arah kiblat yang sebenarnya,” ucap Hj. Nuraedah sebagai kepala MAN 1 Kota Makassar yang ke 11 ini. (Nr)

0 Response to "Momentum Hari Sejuta Kiblat MAN 1 Kota Makassar "

Post a Comment